My Idea of Business Model Canvas

A.      Executive Summary

Make up dan skincare merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat masa kini, terutama kaum wanita. Make up dan skincare  yang tepat dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang, terlebih membuat penampilan terkesan lebih fresh dan kekinian. Namun, semakin kesini harga make up dan skincare cukup mencekik leher, apalagi produk-produk make up yang mengandung skincare (2 in 1). Saya dan rekan saya yang juga merupakan make up enthusiast memiliki harapan agar suatu saat dapat diciptakan produk make up sekaligus skincare dengan harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dari harapan tersebut timbulah sebuah ide bisnis yang ingin kami eksekusi dan realisasikan.

Salah satu produk make up favorit kami adalah lipgloss, dilansir dari lookecosmetics.com lipgloss merupakan sebuah produk yang mirip dengan lipstick tetapi berbeda dari sisi formula serta kegunaan. Lipgloss merupakan sebuah produk untuk bibir dengan konsistensi yang cenderung lebih cair, mengkilap, dan sedikit kental. Fungsi lipgloss sendiri adalah untuk memberikan kesan bibir yang sehat, berkilau, dan memberikan warna natural pada bibir. Lipgloss produksi kami bernama Gloss.inc, dimana lipgloss Gloss.inc menggunakan bahan baku yang menghidrasi bibir sekaligus menyehatkan bibir, dikarenakan mengandung vitamin E yang merupakan pelembab bibir alami. Kandungan-kandungan alami yang terdapat di dalam lipgloss Gloss.inc, membuat produk ini menjadi make up sekaligus skincare yang patut untuk dicoba.

Lipgloss yang saat ini beredar di pasaran memiliki harga yang cukup tinggi, bahkan yang berwarna bening sekalipun. Oleh karena itu, kami bercita-cita ingin memproduksi lipgloss homemade dengan kualitas dan higienitas yang terjamin, tetapi dengan harga yang pas di kantong. Lipgloss dari Gloss.inc saat ini hanya dapat dipesan melalui e-commerce serta akun sosial media resmi Gloss.inc untuk meminimalisir kontak fisik pada masa pandemi ini. Warna serta fragrance yang terdapat pada lipgloss Gloss.inc akan berganti seiring waktu atau pada periode tertentu mengikuti musim, agar lebih bervariasi dan tidak monoton. Selain itu, kami memiliki visi untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan, sehingga kami menerima sistem refill atau isi ulang lipgloss. Kami menggunakan kemasan botol semi-kaca yang dapat digunakan secara berulang. Pelanggan yang ingin me-refill lipgloss hanya perlu mengontak kami melalui sosial media resmi Gloss.inc maupun e-commerce kemudian mengikuti instruksi dari kami terkait tata cara me-refill. Pelanggan yang melakukan sistem refill akan mendapatkan potongan harga khusus dari kami.

B.       5 Block Of BMC (Bussiness Model Canvas)

Berikut merupakan 5 blok BMC dari Gloss.inc:

1.       Customer segments:

·         Target konsumen kami didominasi oleh wanita dengan rentang usia 15-35 tahun

·         Penyuka make up dari berbagai kalangan (pelajar/mahasiswa, pegawai, hingga ibu rumah tangga).

·         Individu yang menyukai berbelanja dan bertransaksi secara daring.

2.       Value proportions:

·         Lipgloss dengan bahan baku alami (vit E, coconut oil, jojoba oil, dan grapeseed oil) yang dapat memperindah sekaligus merawat bibir.

·         Memiliki harga yang terjangkau di bandingkan lipgloss lain yang saat ini beredar di pasaran.

·         Produk ramah lingkungan.

3.       Channels:

·         E-commerce

·         Media sosial

4.       Customer relationship:

·         Diskon 5% saat refill pertama,kedua,keempat, dst.

·         Diskon 10% saat refill kelima.

·         Diskon 30% saat refill kesepuluh, kelima belas, dst.

·         Promo gratis satu lipgloss dengan minimal pembelian 4 lipgloss.

·         Promo saat hari-hari besar nasional dan saat musim tertentu.

5.       Revenue streams:

·         Penjualan perbotol lipgloss Gloss.inc.

 

Comments

Popular posts from this blog

Pitch Deck? Apa itu?

KEMITRAAN USAHA/BISNIS

Marketing Insight, Apa dan Bagaimana?