DIGITAL MARKETING
Halo Sobat Pena, selamat datang di artikel saya minggu ini. Bagaimana kabarnya Sobat? Semoga Sobat sekalian dalam keadaan sehat dan senantiasa berada di dalam lindungan Yang Maha Kuasa ya. Seperti biasa pada artikel kali ini saya akan membahas seputar bisnis dengan Sobat sekalian. Masih berhubungan dengan pemasaran/marketing, kali ini saya akan menjelaskan tentang digital marketing. Apasih digital marketing itu? Jadi, digital marketing atau pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet. Tujuan pemasaran digital adalah menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Seperti kita ketahui bersama, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat tinggi, sehingga tidak diragukan lagi aktivitas digital marketing menjadi pilihan utama perusahaan. Alhasil, perusahaan saling bersaing untuk menciptakan konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya. Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca penjelasan berikut ini ya, semoga bermanfaat 😁
I. MANFAAT DIGITAL MARKETING
Sebelum masuk ke strategi digital marketing kita perlu mengetahui manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari digital marketing itu sendiri, karena sesuatu dapat dikatakan berguna bila ada manfaatnya bukan? Manfaat digital marketing antara lain:
- Membantu meningkatkan penjualan. Salah satu tujuan dari kegiatan pemasaran
digital adalah untuk meningkatkan penjualan produk komersial. Nah, karena
pemasaran digital dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sasaran, karena
kunjungan pemasaran digital dapat mencakup semua area yang terhubung ke Internet.
Kemudian, hal ini juga akan berdampak pada peningkatan penjualan Anda. Banyak
pemilik bisnis telah mengonfirmasi bahwa pemasaran digital dapat meningkatkan
pendapatan mereka hampir tiga kali lipat dibandingkan sebelum pemasaran
digital.
- Jangkauan pasar yang lebih luas. Pemasaran digital dapat
menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan cakupan pasar yang lebih luas,
tentunya tidak hanya di wilayah Anda, tetapi juga di wilayah lain, Anda dapat
memahami bisnis yang Anda kelola. Karena itu, peluang mendapatkan pelanggan
juga bisa lebih besar. Hal penting yang perlu diketahui saat ini adalah hampir
80% konsumen akan mencari produk atau layanan sebelum membelinya, oleh karena
itu pemasaran digital tidak boleh tertunda. Semakin lama pelaku bisnis menunda
mendigitalkan bisnisnya, semakin sulit untuk akhirnya mengembangkan bisnis
karena pesaing akan melakukan hal yang sama.
- Biaya promosi menjadi lebih hemat. Keunggulan yang paling disukai
brand dari digital marketing adalah mereka dapat mengimplementasikan digital
marketing dengan murah dan ekonomis, yaitu menghemat biaya promosi. Penerapan
strategi promosi media internet memang jauh lebih murah dibandingkan dengan
menggunakan cara tradisional (seperti brosur, baliho atau membuat iklan di
radio dan televisi). Oleh karena itu, bagi yang baru memulai bisnis dan ingin
bisnisnya cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilih strategi digital
marketing untuk promosi. Pemasaran digital tidak hanya membantu pemilik bisnis
menciptakan pelanggan, tetapi pemasaran digital juga dapat menghemat anggaran
iklan perusahaan.
- Menjadi jembatan yang ideal antara perusahaan dengan konsumen. Pemasaran digital dilakukan
melalui berbagai media yang langsung menghubungi pelanggan. Meski belum saling
mengenal, melalui teknologi digital mereka dapat menggunakan teknologi digital
marketing untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Hal ini menjadikan
pemasaran digital sangat menarik karena perusahaan dapat menjadi lebih dekat
dengan pelanggan. Pelanggan merupakan salah satu faktor penting bagi
keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu, tentunya sangat penting untuk
menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, manfaat
pemasaran digital selanjutnya adalah dapat menjadi cara yang bagus untuk terhubung
dengan konsumen.
- Mampu bersaing dengan perusahaan besar. Sebelum teknologi informasi dan
komunikasi berkembang pesat, para pengusaha kecil atau start up seringkali
kesulitan untuk bersaing di sektor bisnis. Namun, tidak untuk saat ini. Tidak
hanya menyamakan posisi suatu perusahaan dengan pesaing, pemasaran digital juga
memungkinkan suatu perusahaan bersaing langsung dengan merek dan perusahaan
besar. Hal tersebut dapat dilakukan secara tepat sasaran dengan menggunakan berbagai media digital yang
ada.
- Dimudahkan dalam melihat dinamika bisnis. Sangat penting untuk memahami
perubahan bisnis, tetapi tidak semua pebisnis dapat dengan cepat melihat
perubahan dalam bisnis mereka. Namun, mengadopsi strategi digital marketing hal
tersebut tidak lagi menjadi masalah, karena pelaku bisnis dapat dengan mudah
melihat perubahan bisnis tanpa harus menunggu lama. Dengan cara ini, pelaku
bisnis juga dapat dengan cepat melakukan analisis dan evaluasi bisnis.
- Social Media Marketing: Sejumlah besar pengguna media
sosial memberi suatu bisnis platform yang bagus untuk mempromosikan produknya.
Sifat media sosial lebih intim karena merupakan panggung sosial yang
memungkinkan perusahaan menjalin hubungan lebih dekat dengan calon pelanggan.
Fungsi media sosial bertujuan untuk menjalin hubungan antar pengguna melalui
komentar, suka, berbagi, dll. Di mata calon pelanggan, sangat memungkinkan
untuk membangun citra merek yang lebih baik. Namun, perusahaan dapat
menggunakan banyak media sosial untuk menjalankan strategi pemasaran digital
melalui pemasaran media sosial. Bagaimana caranya menemukan media sosial yang
paling cocok untuk bisnis Sobat? Sebelum mulai menggunakan pemasaran media sosial
sebagai bagian dari strategi pemasaran digital suatu bisnis, pelaku bisnis
harus memahami cara menggunakan setiap jenis media sosial dan apa saja fungsi
dari setiap jenis media sosial tersebut.
- Email Marketing: Strategi pemasaran email
merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang saat ini cukup banyak digunakan.
Mengapa demikian? Menurut studi yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari
34% atau 2,5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan email. Selain pemasaran
media sosial, pemasaran email juga dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Selain
itu, jika target audiens suatu bisnis adalah kalangan profesional dan orang
dewasa, dan produk yang dijual termasuk hard product (seperti real estat, alat
investasi, layanan bisnis-ke-bisnis, dll.), pemasaran email sangatlah cocok.
Oleh karena itu, pelaku usaha bisa menggunakan email marketing sebagai salah
satu strategi digital marketing yang dijalankan. Bagaimana caranya memulai
pemasaran email? Kata kuncinya adalah personalisasi dan otomatisasi. Pelaku bisnis
dapat menjalin kontak email melalui pertemuan dengan calon pelanggan atau
prospek yang dihasilkan oleh strategi pemasaran media sosial. Hal pertama yang
harus diperhatikan adalah meminta izin kepada calon pelanggan untuk mengirim
email berkala. Selain itu, pelaku bisnis dapat mempersonalisasi email yang
dikirim untuk menarik minat calon pelanggan
- Pay-Per-Click Ads: Bayar per klik atau PPC adalah
salah satu strategi pemasaran digital paling populer yang digunakan. Strategi
PPC dapat membantu suatu bisnis meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC
dapat ditempatkan di media sosial atau mesin pencari. Oleh karena itu, strategi
pemasaran digital PPC adalah strategi paling fleksibel yang dapat digunakan.
Namun, strategi ini adalah strategi berbayar karena pihak bisnis akan membayar
untuk setiap klik pada iklan bisnis tersebut. Namun, meskipun harganya murah
dan hasilnya sangat efektif, yakinlah. Untuk memulai strategi pemasaran PPC,
hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah halaman arahan. Apa itu halaman arahan?
Halaman arahan adalah halaman di situs web yang fungsi utamanya adalah
mendapatkan konversi. Oleh karena itu, halaman arahan hanya memiliki satu
navigasi, ajakan bertindak (CTA), yang dapat mengubah pengunjung halaman arahan
suatu bisnis.
- Blogging: Salah satu strategi pemasaran
terbaik untuk hampir semua jenis bisnis adalah Blogging. Blogging melibatkan
penulisan dan penerbitan konten online tentang topik terkait bisnis. Saat
visibilitas bisnis di mesin pencari meningkat, ini akan membawa lebih banyak
kredibilitas bagi perusahaan dan pada akhirnya lebih banyak prospek. Oleh
karena itu, dalam strategi pemasaran digital blog, perusahaan harus memberikan
informasi yang berkualitas untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian
yang lebih tepat. Strategi blog adalah salah satu strategi terpenting dalam
optimasi mesin pencari (SEO). Semakin relevan dan berkualitas kontennya,
semakin sering situs Anda muncul di halaman hasil pencarian. Menurut sebuah
penelitian, semakin sering situs bisnis muncul di mesin pencari, semakin banyak
pelanggan yang akan mempercayai bisnis tersebut. Oleh karena itu, strategi blog
pemasaran digital adalah salah satu strategi terbaik yang dapat digunakan.
Media digital atau internet tidak memiliki batasan spasial dan bahkan internet dapat melintasi batas-batas suatu negara, sehingga artinya pendengar dari seluruh dunia dapat mengakses pesan/konten yang telah diunggah ke internet. Jika suatu bisnis menyampaikan informasi tentang produk dan promosi yang diberikan, pesan tersebut dapat disebarkan ke khalayak yang lebih luas tidak hanya secara lokal, tetapi juga nasional, atau bahkan global. Berlawanan dengan pemasaran atau iklan yang ditempatkan di papan reklame, surat kabar atau radio, dimana media ini hanya bisa menjangkau wilayah tertentu.
Salah satu ciri digital marketing melalui layanan agency adalah hasil yang lebih mudah diukur. Pemasaran digital melalui media digital berbasis data memudahkan para pemasar untuk memantau proses pemasaran. Dalam proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data tentang hasil pemasaran, termasuk berapa banyak orang yang telah terpapar iklan, berapa banyak kunjungan atau pembelian. Berdasarkan data tersebut dapat dihitung ROI (return on investment) yang diperoleh. Artinya, pemasar dapat menghitung sejumlah pendapatan melalui pemasaran digital. Dengan cara ini, proses evaluasi dapat dilakukan dengan lebih mudah untuk menilai apakah kampanye pemasaran itu efektif dan layak, atau perlu mencari jenis kegiatan lain.
Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu, pesan atau iklan yang dikomunikasikan melalui media digital lebih mudah diperbarui. Selain lebih mudah, memperbarui atau mengubah informasi juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Misalnya, jika suatu bisnis mengirimkan informasi terkait produk atau promosi melalui situs resmi yang ingin diubah, bisnis tersebut dapat langsung melakukan perubahan. Tidak seperti pemasaran biasa, memperbarui informasi lebih sulit karena media bukan milik perusahaan. Jadi butuh waktu lebih lama. Selain itu, perusahaan harus mengikuti jadwal pemilik media untuk memperbarui informasi.
Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, keuntungan penggunaan digital marketing melalui layanan agency adalah jenis pemasaran ini memiliki cakupan yang lebih luas dan aktivitas pemasaran melalui media digital relatif lebih murah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Misalnya, pemasaran melalui TV, papan reklame atau surat kabar menghabiskan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Padahal, pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari puluhan ribu rupiah. Selain itu, pemasar dapat memilih kelompok atau sasaran yang lebih spesifik.
Comments
Post a Comment