DIGITAL MARKETING

     

        Halo Sobat Pena, selamat datang di artikel saya minggu ini. Bagaimana kabarnya Sobat? Semoga Sobat sekalian dalam keadaan sehat dan senantiasa berada di dalam lindungan Yang Maha Kuasa ya. Seperti biasa pada artikel kali ini saya akan membahas seputar bisnis dengan Sobat sekalian. Masih berhubungan dengan pemasaran/marketing, kali ini saya akan menjelaskan tentang digital marketing. Apasih digital marketing itu? Jadi, digital marketing atau pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet. Tujuan pemasaran digital adalah menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Seperti kita ketahui bersama, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat tinggi, sehingga tidak diragukan lagi aktivitas digital marketing menjadi pilihan utama perusahaan. Alhasil, perusahaan saling bersaing untuk menciptakan konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya. Untuk lebih lengkapnya silahkan membaca penjelasan berikut ini ya, semoga bermanfaat 😁


I. MANFAAT DIGITAL MARKETING

    Sebelum masuk ke strategi digital marketing kita perlu mengetahui manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari digital marketing itu sendiri, karena sesuatu dapat dikatakan berguna bila ada manfaatnya bukan? Manfaat digital marketing antara lain:

  • Membantu meningkatkan penjualan. Salah satu tujuan dari kegiatan pemasaran digital adalah untuk meningkatkan penjualan produk komersial. Nah, karena pemasaran digital dapat menjangkau lebih banyak pelanggan sasaran, karena kunjungan pemasaran digital dapat mencakup semua area yang terhubung ke Internet. Kemudian, hal ini juga akan berdampak pada peningkatan penjualan Anda. Banyak pemilik bisnis telah mengonfirmasi bahwa pemasaran digital dapat meningkatkan pendapatan mereka hampir tiga kali lipat dibandingkan sebelum pemasaran digital.

  • Jangkauan pasar yang lebih luas. Pemasaran digital dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan cakupan pasar yang lebih luas, tentunya tidak hanya di wilayah Anda, tetapi juga di wilayah lain, Anda dapat memahami bisnis yang Anda kelola. Karena itu, peluang mendapatkan pelanggan juga bisa lebih besar. Hal penting yang perlu diketahui saat ini adalah hampir 80% konsumen akan mencari produk atau layanan sebelum membelinya, oleh karena itu pemasaran digital tidak boleh tertunda. Semakin lama pelaku bisnis menunda mendigitalkan bisnisnya, semakin sulit untuk akhirnya mengembangkan bisnis karena pesaing akan melakukan hal yang sama.

  • Biaya promosi menjadi lebih hemat. Keunggulan yang paling disukai brand dari digital marketing adalah mereka dapat mengimplementasikan digital marketing dengan murah dan ekonomis, yaitu menghemat biaya promosi. Penerapan strategi promosi media internet memang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional (seperti brosur, baliho atau membuat iklan di radio dan televisi). Oleh karena itu, bagi yang baru memulai bisnis dan ingin bisnisnya cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilih strategi digital marketing untuk promosi. Pemasaran digital tidak hanya membantu pemilik bisnis menciptakan pelanggan, tetapi pemasaran digital juga dapat menghemat anggaran iklan perusahaan.

  • Menjadi jembatan yang ideal antara perusahaan dengan konsumen. Pemasaran digital dilakukan melalui berbagai media yang langsung menghubungi pelanggan. Meski belum saling mengenal, melalui teknologi digital mereka dapat menggunakan teknologi digital marketing untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Hal ini menjadikan pemasaran digital sangat menarik karena perusahaan dapat menjadi lebih dekat dengan pelanggan. Pelanggan merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu, tentunya sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu, manfaat pemasaran digital selanjutnya adalah dapat menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan konsumen.

  • Mampu bersaing dengan perusahaan besar. Sebelum teknologi informasi dan komunikasi berkembang pesat, para pengusaha kecil atau start up seringkali kesulitan untuk bersaing di sektor bisnis. Namun, tidak untuk saat ini. Tidak hanya menyamakan posisi suatu perusahaan dengan pesaing, pemasaran digital juga memungkinkan suatu perusahaan bersaing langsung dengan merek dan perusahaan besar. Hal tersebut dapat dilakukan secara tepat sasaran  dengan menggunakan berbagai media digital yang ada.

  • Dimudahkan dalam melihat dinamika bisnis. Sangat penting untuk memahami perubahan bisnis, tetapi tidak semua pebisnis dapat dengan cepat melihat perubahan dalam bisnis mereka. Namun, mengadopsi strategi digital marketing hal tersebut tidak lagi menjadi masalah, karena pelaku bisnis dapat dengan mudah melihat perubahan bisnis tanpa harus menunggu lama. Dengan cara ini, pelaku bisnis juga dapat dengan cepat melakukan analisis dan evaluasi bisnis.


II. STRATEGI DIGITAL MARKETING

        Setelah mengetahui manfaat yang ditawarkan digital marketring, maka sekarang kita bisa masuk ke strateginya. Strategi yang rangkum di bawah ini merupakan strategi yang paling ideal diterapkan pada tahun ini, jadi Sobat bisa memilih strategi mana yang paling cocok dengan bisnis yang Sobat geluti ya.

  • Social Media Marketing: Sejumlah besar pengguna media sosial memberi suatu bisnis platform yang bagus untuk mempromosikan produknya. Sifat media sosial lebih intim karena merupakan panggung sosial yang memungkinkan perusahaan menjalin hubungan lebih dekat dengan calon pelanggan. Fungsi media sosial bertujuan untuk menjalin hubungan antar pengguna melalui komentar, suka, berbagi, dll. Di mata calon pelanggan, sangat memungkinkan untuk membangun citra merek yang lebih baik. Namun, perusahaan dapat menggunakan banyak media sosial untuk menjalankan strategi pemasaran digital melalui pemasaran media sosial. Bagaimana caranya menemukan media sosial yang paling cocok untuk bisnis Sobat? Sebelum  mulai menggunakan pemasaran media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran digital suatu bisnis, pelaku bisnis harus memahami cara menggunakan setiap jenis media sosial dan apa saja fungsi dari setiap jenis media sosial tersebut.

  • Email Marketing: Strategi pemasaran email merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang saat ini cukup banyak digunakan. Mengapa demikian? Menurut studi yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% atau 2,5 miliar orang di seluruh dunia menggunakan email. Selain pemasaran media sosial, pemasaran email juga dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, jika target audiens suatu bisnis adalah kalangan profesional dan orang dewasa, dan produk yang dijual termasuk hard product (seperti real estat, alat investasi, layanan bisnis-ke-bisnis, dll.), pemasaran email sangatlah cocok. Oleh karena itu, pelaku usaha bisa menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi digital marketing yang dijalankan. Bagaimana caranya memulai pemasaran email? Kata kuncinya adalah personalisasi dan otomatisasi. Pelaku bisnis dapat menjalin kontak email melalui pertemuan dengan calon pelanggan atau prospek yang dihasilkan oleh strategi pemasaran media sosial. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah meminta izin kepada calon pelanggan untuk mengirim email berkala. Selain itu, pelaku bisnis dapat mempersonalisasi email yang dikirim untuk menarik minat calon pelanggan

  • Pay-Per-Click Ads: Bayar per klik atau PPC adalah salah satu strategi pemasaran digital paling populer yang digunakan. Strategi PPC dapat membantu suatu bisnis meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC dapat ditempatkan di media sosial atau mesin pencari. Oleh karena itu, strategi pemasaran digital PPC adalah strategi paling fleksibel yang dapat digunakan. Namun, strategi ini adalah strategi berbayar karena pihak bisnis akan membayar untuk setiap klik pada iklan bisnis tersebut. Namun, meskipun harganya murah dan hasilnya sangat efektif, yakinlah. Untuk memulai strategi pemasaran PPC, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah halaman arahan. Apa itu halaman arahan? Halaman arahan adalah halaman di situs web yang fungsi utamanya adalah mendapatkan konversi. Oleh karena itu, halaman arahan hanya memiliki satu navigasi, ajakan bertindak (CTA), yang dapat mengubah pengunjung halaman arahan suatu bisnis.

  • Blogging: Salah satu strategi pemasaran terbaik untuk hampir semua jenis bisnis adalah Blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten online tentang topik terkait bisnis. Saat visibilitas bisnis di mesin pencari meningkat, ini akan membawa lebih banyak kredibilitas bagi perusahaan dan pada akhirnya lebih banyak prospek. Oleh karena itu, dalam strategi pemasaran digital blog, perusahaan harus memberikan informasi yang berkualitas untuk membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih tepat. Strategi blog adalah salah satu strategi terpenting dalam optimasi mesin pencari (SEO). Semakin relevan dan berkualitas kontennya, semakin sering situs Anda muncul di halaman hasil pencarian. Menurut sebuah penelitian, semakin sering situs bisnis muncul di mesin pencari, semakin banyak pelanggan yang akan mempercayai bisnis tersebut. Oleh karena itu, strategi blog pemasaran digital adalah salah satu strategi terbaik yang dapat digunakan.


III. KEUNGGULAN DIGITAL MARKETING

        Beberapa keunggulan digital marketing antara lain:

  • Media digital atau internet tidak memiliki batasan spasial dan bahkan internet dapat melintasi batas-batas suatu negara, sehingga artinya pendengar dari seluruh dunia dapat mengakses pesan/konten yang telah diunggah ke internet. Jika suatu bisnis menyampaikan informasi tentang produk dan promosi yang diberikan, pesan tersebut dapat disebarkan ke khalayak yang lebih luas tidak hanya secara lokal, tetapi juga nasional, atau bahkan global. Berlawanan dengan pemasaran atau iklan yang ditempatkan di papan reklame, surat kabar atau radio, dimana media ini hanya bisa menjangkau wilayah tertentu.

  • Salah satu ciri digital marketing melalui layanan agency adalah hasil yang lebih mudah diukur. Pemasaran digital melalui media digital berbasis data memudahkan para pemasar untuk memantau proses pemasaran. Dalam proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data tentang hasil pemasaran, termasuk berapa banyak orang yang telah terpapar iklan, berapa banyak kunjungan atau pembelian. Berdasarkan data tersebut dapat dihitung ROI (return on investment) yang diperoleh. Artinya, pemasar dapat menghitung sejumlah pendapatan melalui pemasaran digital. Dengan cara ini, proses evaluasi dapat dilakukan dengan lebih mudah untuk menilai apakah kampanye pemasaran itu efektif dan layak, atau perlu mencari jenis kegiatan lain.

  • Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu, pesan atau iklan yang dikomunikasikan melalui media digital lebih mudah diperbarui. Selain lebih mudah, memperbarui atau mengubah informasi juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Misalnya, jika suatu bisnis mengirimkan informasi terkait produk atau promosi melalui situs resmi yang ingin diubah, bisnis tersebut dapat langsung melakukan perubahan. Tidak seperti pemasaran biasa, memperbarui informasi lebih sulit karena media bukan milik perusahaan. Jadi butuh waktu lebih lama. Selain itu, perusahaan harus mengikuti jadwal pemilik media untuk memperbarui informasi.

  • Seperti yang telah disebutkan pada poin pertama, keuntungan penggunaan digital marketing melalui layanan agency adalah jenis pemasaran ini memiliki cakupan yang lebih luas dan aktivitas pemasaran melalui media digital relatif lebih murah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Misalnya, pemasaran melalui TV, papan reklame atau surat kabar menghabiskan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Padahal, pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari puluhan ribu rupiah. Selain itu, pemasar dapat memilih kelompok atau sasaran yang lebih spesifik. ‍


Kesimpulan yang dapat saya tarik dari topik hari ini adalah, bisnis merupakan sesuatu yang dinamis, oleh karena itu sebagai pelaku bisnis kita juga harus mengikuti perkembangan yang ada, salah satunya adalah perkembangan digital. Dengan terus berevolusi dan memanfaatkan teknologi yang ada, bisnis yang digeluti juga akan semakin berkembang. Jadi, jangan ragu ya Sobat untuk membawa bisnis mu ke level yang lebih tinggi dengan memanfaatkan digital marketing. Selamat mencoba dan semoga artikel kali ini dapat bermanfaat 😊


Comments

Popular posts from this blog

Pitch Deck? Apa itu?

KEMITRAAN USAHA/BISNIS

Marketing Insight, Apa dan Bagaimana?